Tags

Desa banyusidi terletak di kecamatan Pakis, kabupaten magelang yang berada di provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kota magelang dijuluki kota seribu bunga yang banyak menghasilkan bunga mawar. Desa Banyusidi merupakan salah satu desa penghasil bunga mawar.

Perbatasan desa Banyusidi sebelah utara berbatasan dengan desa/kelurahan Pakis, kecamatan Grabak, sebelah selatan berbatasan dengan desa/kelurahan Petung kecamatan Sawangan, sebelah timur berbatasan dengan desa/kelurahan Ketundan kecamatan Ngablak, dan sebelah barat berbatasan dengan desa/kelurahan Surodadi kecamatan Tegalrejo, Candi M. Desa Banyusidi terletak di jalur ketep dan gunung Andong.

Jarak Desa Banyusidi ke ibu kota kecamatan sekitar 2,5 km dengan waktu tempuh sekitar 0,3 jam dengan kendaraan bermotor, sedangkan jarak ke ibu kota kabupaten sekitar 30 km dengan waktu tempuh 1 jam dengan kendaraan bermotor dan jarak ke ibu kota provinsi 92 km dengan waktu tempuh sekitar 3 jam dengan kendaraan bermotor.

Warga desa Banyusidi kebanyakan bekerja sebagai petani. Tidak hanya menanam bunga mawar yang menjadi perioritas utama di Desa Banyusidi, namun  pada musim kemarau panjang desa Banyusidi banyak beralih untuk menanam Tembakau.

Desa Banyusidi memiliki potensi alam yang sangat indah dan cocok untuk dijadikan tempat wisata alam, desa Banyusidi memiliki bebrapa lokasi hutan pinus yang sangat indah dan pemandangan daerah pegunungan yang eksotis dan alami.

Total jumlah penduduk desa Banyusidi adalah 6166 orang yang terdiri dari laki-laki dengan 3115 orang dan perempuan 3051 orang dengan jumlah KK adalah 1591 KK. Tamatan pendidikan penduduk desa Banyusidi adalah tamatan sekolah dasar atau sederajat dan lebihnya adalah tamatan SMP, SMA, dan bahkan sampai S-2 dan S-3. Sarana pendidikan yang ada di desa Banyusidi terdapat 2 unit TK dan 5 unit SD atau MI atau sederajat.